Smart Campaign
Create Campaign

Create Campaign merupakan fitur pada Smart Campaign dimana user dapat membuat campaign baru. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuat campaign baru

Langkah 1: Masuk ke dalam Smart Campaign dan tekan tombol New Campaign

Langkah 2: Pilih tipe campaign dan Template Style yang ingin dibuat lalu tekan tombol Use This Template

Langkah 3: Akan muncul halaman untuk membuat campaign baru dimana user dapat mengisi informasi campaign pada bagian Campaign Information dan Voucher Setup

Langkah 4: Pada Campaign Information dapat mengisi beberapa informasi diantaranya

  • Template Language, dapat dipilih dengan bahasa yang digunakan saat melakukan pengiriman campaign

  • Amount of Recipient, dapat diisi dengan banyaknya customer yang akan menerima campaign

  • Transaction Criteria, dapat dipilih dengan kriteria user yang akan mendapatkan campaign 

Pada pilihan Transaction Criteria terdapat pilihan yang dapat dipilih diantaranya:

  • Transaction Time, merupakan waktu customer melakukan transaksi dimana dikategorikan dengan

    • Recently Purchased, merupakan customer yang baru-baru ini melakukan transaksi

    • Not Recently Purchased, merupakan customer yang sudah lama tidak melakukan transaksi

  • Spending Frequency, merupakan seberapa seringnya member melakukan transaksi dimana dikategorikan dengan

    • Regularly in this year, merupakan customer yang melakukan transaksi secara rutin (konsisten) di tahun berjalan 

    • Rarely in this year, merupakan customer yang tidak sering atau jarang (tidak konsisten) melakukan transaksi di tahun berjalan

    • Regularly all time, merupakan customer melakukan transaksi secara rutin (konsisten) sepanjang waktu

    • Rarely all time, , merupakan customer yang tidak sering atau jarang (tidak konsisten) melakukan transaksi

  • Spending Amount, merupakan banyaknya nilai transaksi yang dilakukan dimana dikategorikan dengan

    • Small Spender This Year, merupakan customer yang melakukan transaksi paling sedikit di tahun berjalan 

    • Big Spender This Year, merupakan customer yang melakukan transaksi paling banyak di tahun berjalan 

    • Small Spender All Time, merupakan customer yang melakukan transaksi paling sedikit 

    • Big Spender All Time, merupakan customer yang melakukan transaksi paling banyak

Langkah 5: Ketika telah selesai mengisi data pada Campaign Information maka tekan tombol Next

Langkah 6: Akan muncul halaman Voucher Setup dimana user dapat mengatur konfigurasi voucher yang akan digunakan

Langkah 7: Pada Voucher Setup user dapat memilih jenis voucher yang akan dikirimkan dimana dapat memilih “Amount” atau “Percentage

Jika User memilih Voucher Type - Amount maka user dapat mengisi informasi diantaranya

  • Voucher Value (Rp), dapat diisi dengan nilai voucher yang akan diberikan dalam nilai rupiah

  • Minimum Spending (Rp), merupakan data optional, dapat diisi dengan minimal transaksi dimana user dapat menggunakan voucher, minimum spending akan berdasarkan Subtotal transaksi

  • Voucher Validity, dapat diisi dengan berapa hari voucher dapat aktif, waktu aktif akan berjalan setelah customer berhasil menerima voucher

  • Select Company,  dapat dipilih di company mana customer dapat menggunakan voucher

Jika User memilih Voucher Type - Percentage maka user dapat mengisi informasi diantaranya

  • Voucher Value (%), dapat diisi dengan nilai voucher yang akan diberikan dalam nilai persen

  • Maximum Discount (Rp), dapat diisi dengan jumlah maksimum potongan yang didapatkan dalam bentuk rupiah

  • Minimum Spending (Rp), merupakan data optional, dapat diisi dengan minimal transaksi dimana user dapat menggunakan voucher, minimum spending akan berdasarkan Subtotal transaksi

  • Voucher Validity, dapat diisi dengan berapa hari voucher dapat aktif, waktu aktif akan berjalan setelah customer berhasil menerima voucher

  • Select Company,  dapat dipilih di company mana customer dapat menggunakan voucher

Langkah 8: Ketika telah selesai mengisi data pada Voucher Setup maka tekan tombol Next

Langkah 9: Akan muncul halaman Campaign Summary dimana user dapat melihat penjelasan singkat tentang campaign yang dibuat

Berikut preview voucher yang telah dibuat


Langkah 10: Ketika campaign telah sesuai maka user dapat menekan tombol

  • Save as Draft, merupakan tombol dimana user dapat menyimpan campaign tetapi tidak memproses campaign

  • Process Campaign, merupakan tombol dimana user dapat menyimpan dan langsung memproses campaign

Ketika memilih Save as Draft maka campaign akan masuk pada tab Saved Draft

Ketika memilih Process Campaign maka akan muncul notifikasi untuk mengkonfirmasi pemrosesan dan pilih Process Now

Notes: Jika token yang akan digunakan tidak cukup maka akan mengeluarkan notifikasi seperti berikut dimana terdapat tombol:

  • Save & Top Up Token, dimana campaign akan tersimpan sebagai draft dan mengarahkan user ke halaman top up token

  • Back to Summary, merupakan tombol untuk kembali ke halaman summary

Setelah menyelesaikan top up maka user harus memproses ulang campaign melalui draft

Campaign yang diproses melalui Whatsapp dan akan masuk pada tab Your Campaign dan akan memiliki status In Process

Pada pesan whatsapp yang diterima customer akan terdapat informasi

  • File PDF dimana terdapat outlet mana saja yang dapat dilakukan transaksi dengan voucher yang diterima

  • Detail Voucher dan voucher dapat langsung dipakai

  • Cara menggunakan voucher

  • Waktu kadaluarsa voucher


ⓒ Copyright 2023
Alamat
Ruko Paramount Center II Blok B/8, Jl. CBD Gading Serpong, Tangerang 15810 - Indonesia
Kontak
Hotline: +62 822 1066 6969 (08.30-18.00) GMT+7
Ikuti Kami