Create Campaign merupakan fitur pada Smart Campaign dimana user dapat membuat campaign baru. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuat campaign baru
Langkah 1: Masuk ke dalam Smart Campaign dan tekan tombol New Campaign
Langkah 2: Pilih tipe campaign dan Template Style yang ingin dibuat lalu tekan tombol Use This Template
Langkah 3: Akan muncul halaman untuk membuat campaign baru dimana user dapat mengisi informasi campaign pada bagian Campaign Information dan Voucher Setup
Langkah 4: Pada Campaign Information dapat mengisi beberapa informasi diantaranya
Template Language, dapat dipilih dengan bahasa yang digunakan saat melakukan pengiriman campaign
Amount of Recipient, dapat diisi dengan banyaknya customer yang akan menerima campaign
Transaction Criteria, dapat dipilih dengan kriteria user yang akan mendapatkan campaign
Pada pilihan Transaction Criteria terdapat pilihan yang dapat dipilih diantaranya:
Transaction Time, merupakan waktu customer melakukan transaksi dimana dikategorikan dengan
Recently Purchased, merupakan customer yang baru-baru ini melakukan transaksi
Not Recently Purchased, merupakan customer yang sudah lama tidak melakukan transaksi
Spending Frequency, merupakan seberapa seringnya member melakukan transaksi dimana dikategorikan dengan
Regularly in this year, merupakan customer yang melakukan transaksi secara rutin (konsisten) di tahun berjalan
Rarely in this year, merupakan customer yang tidak sering atau jarang (tidak konsisten) melakukan transaksi di tahun berjalan
Regularly all time, merupakan customer melakukan transaksi secara rutin (konsisten) sepanjang waktu
Rarely all time, , merupakan customer yang tidak sering atau jarang (tidak konsisten) melakukan transaksi
Spending Amount, merupakan banyaknya nilai transaksi yang dilakukan dimana dikategorikan dengan
Small Spender This Year, merupakan customer yang melakukan transaksi paling sedikit di tahun berjalan
Big Spender This Year, merupakan customer yang melakukan transaksi paling banyak di tahun berjalan
Small Spender All Time, merupakan customer yang melakukan transaksi paling sedikit
Big Spender All Time, merupakan customer yang melakukan transaksi paling banyak
Langkah 5: Ketika telah selesai mengisi data pada Campaign Information maka tekan tombol Next
Langkah 6: Akan muncul halaman Voucher Setup dimana user dapat mengatur konfigurasi voucher yang akan digunakan
Langkah 7: Pada Voucher Setup user dapat memilih jenis voucher yang akan dikirimkan dimana dapat memilih “Amount” atau “Percentage”
Jika User memilih Voucher Type - Amount maka user dapat mengisi informasi diantaranya
Voucher Value (Rp), dapat diisi dengan nilai voucher yang akan diberikan dalam nilai rupiah
Minimum Spending (Rp), merupakan data optional, dapat diisi dengan minimal transaksi dimana user dapat menggunakan voucher, minimum spending akan berdasarkan Subtotal transaksi
Voucher Validity, dapat diisi dengan berapa hari voucher dapat aktif, waktu aktif akan berjalan setelah customer berhasil menerima voucher
Select Company, dapat dipilih di company mana customer dapat menggunakan voucher
Jika User memilih Voucher Type - Percentage maka user dapat mengisi informasi diantaranya
Voucher Value (%), dapat diisi dengan nilai voucher yang akan diberikan dalam nilai persen
Maximum Discount (Rp), dapat diisi dengan jumlah maksimum potongan yang didapatkan dalam bentuk rupiah
Minimum Spending (Rp), merupakan data optional, dapat diisi dengan minimal transaksi dimana user dapat menggunakan voucher, minimum spending akan berdasarkan Subtotal transaksi
Voucher Validity, dapat diisi dengan berapa hari voucher dapat aktif, waktu aktif akan berjalan setelah customer berhasil menerima voucher
Select Company, dapat dipilih di company mana customer dapat menggunakan voucher
Langkah 8: Ketika telah selesai mengisi data pada Voucher Setup maka tekan tombol Next
Langkah 9: Akan muncul halaman Campaign Summary dimana user dapat melihat penjelasan singkat tentang campaign yang dibuat
Berikut preview voucher yang telah dibuat
Langkah 10: Ketika campaign telah sesuai maka user dapat menekan tombol
Save as Draft, merupakan tombol dimana user dapat menyimpan campaign tetapi tidak memproses campaign
Process Campaign, merupakan tombol dimana user dapat menyimpan dan langsung memproses campaign
Ketika memilih Save as Draft maka campaign akan masuk pada tab Saved Draft
Ketika memilih Process Campaign maka akan muncul notifikasi untuk mengkonfirmasi pemrosesan dan pilih Process Now
Notes: Jika token yang akan digunakan tidak cukup maka akan mengeluarkan notifikasi seperti berikut dimana terdapat tombol:
Save & Top Up Token, dimana campaign akan tersimpan sebagai draft dan mengarahkan user ke halaman top up token
Back to Summary, merupakan tombol untuk kembali ke halaman summary
Setelah menyelesaikan top up maka user harus memproses ulang campaign melalui draft
Campaign yang diproses melalui Whatsapp dan akan masuk pada tab Your Campaign dan akan memiliki status In Process
Pada pesan whatsapp yang diterima customer akan terdapat informasi
File PDF dimana terdapat outlet mana saja yang dapat dilakukan transaksi dengan voucher yang diterima
Detail Voucher dan voucher dapat langsung dipakai
Cara menggunakan voucher
Waktu kadaluarsa voucher
