Cost Center & Budgeting
Cost Center & Budgeting

Dengan adanya enhancement ini, terdapat dampak pada beberapa modul di ESB Core, serta terdapat fitur baru di mana User belum memiliki panduan penggunaan. Oleh karena itu, diperlukan dokumentasi terkait enhancement tersebut untuk memudahkan pengguna dalam memahami dampak dan fitur baru yang ada di ESB Core.

    Cost Center

    Cost Center merupakan salah satu fitur pada ESB Core yang memungkinkan User mencatat individu atau departemen yang akan mengelola biaya terkait operasional. Cost Center dapat digunakan pada fitur-fitur berikut:

    • Purchase Request

    • Purchase Order

    • Purchase Invoice

    • Simple Purchase

    • Goods Transfer Request

    • Goods Delivery

    • Goods Receipt

    • Simple Transfer

    • Cash Payment

    • Disbursement

    • Goods Receipt Return

    • Purchase Return

    • Goods Delivery

    • Import Document

    • General Journal

    • General Ledger

    • Memorial Journal

    • Document Template (Document Template Type = Purchase Request)

    • Purchase Recapitulation Report

    • Purchase Order Actuation Report

    • Purchase Order Actuation Detail Report

    • Purchase Request Report

    • Purchase Request Actuation Report

    • Purchase Request Realization Report

    • Purchase Invoice Report (Report Mode Detail)

    • General Ledger Report

    • Disbursement Report

    • Cash Payment Report

    • Goods Receipt Recapitulation Report

    • Purchase Return Report

    • Budget Relocation Report

    • Budget Detail Report

    • Budget Actuation Report

      • Mode Summary

    • Mode Detail

    • Budget Increase/Decrease Report

    • Budget Allocate Report

      Project

      Project merupakan salah satu fitur pada ESB Core dimana user dapat mencatat project yang ada. Project yang telah dibuat dapat dipakai pada fitur:

      • Purchase Request

      • Purchase Order

      • Purchase Invoice

      • Simple Purchase

      • Goods Transfer Request

      • Goods Delivery

      • Goods Receipt

      • Simple Transfer

      • Cash Payment

      • Disbursement

      • Goods Receipt Return

      • Purchase Return

      • Goods Delivery

      • Import Document

      • General Journal

      • General Ledger

      • Memorial Journal

      • Purchase Recapitulation Report

      • Purchase Order Actuation Report

      • Purchase Order Actuation Detail Report

      • Purchase Request Report

      • Purchase Request Actuation Report

      • Purchase Request Realization Report

      • Purchase Invoice Report (Report Mode Detail)

      • General Ledger Report

      • Disbursement Report

      • Cash Payment Report

      • Goods Receipt Recapitulation Report

      • Purchase Return Report

      • Budget Actuation Report Mode Detail


      Project Report

      Project Report merupakan report dimana user dapat melihat project yang dipakai dalam suatu transaksi. User dapat mengakses Project Report dengan memilih fitur Report > Budgeting > Project Report.

      Notes: Project Report hanya dapat dibuka jika User telah mempunyai akses View untuk Project Report pada Master User Role.

      Pada Project Report akan menampilkan data sesuai dengan filter yang digunakan diantaranya:

      • Number, merupakan nomor urut dari data yang tampil

      • Transaction Date, merupakan tanggal transaksi dilakukan

      • Transaction Type, merupakan jenis transaksi yang dilakukan

      • Transaction Reference Number, merupakan nomor transaksi

      • Branch, merupakan nama outlet yang melakukan transaksi

      • Cost Center, merupakan nama cost center yang ada pada transaksi

      • Project, merupakan nama project yang ada pada transaksi

      • Amount, merupakan jumlah total transaksi

      • Status, merupakan status terakhir dari transaksi

      Berikut tampilan Project Report ketika:

      • Search

      • Download Report

        Budget Plan

        Budget Plan merupakan salah satu fitur pada ESB Core dimana user dapat mencatat perencanaan keuangan anggaran masuk dan keluar untuk branch. Budget Plan dapat diakses melalui Budget > Budget Plan.

        User tidak dapat mengakses fitur Budget Plan menggunakan akses dari fitur Budget Plan sebelumnya, user diharuskan untuk mempunyai akses fitur Budget Plan terbaru sehingga dapat menggunakan Budget Plan.

          Budget Detail

          Budget Detail merupakan salah satu fitur pada ESB Core dimana user dapat mencatat perencanaan keuangan anggaran masuk dan keluar untuk branch. Budget Detail dapat diakses melalui Budget > Budget Detail.

          Logic Budgeting

          Pengguna dapat membuat Budgeting dengan menentukan periode budget, limitasi budget, dan memetakan Branch, COA, dan Cost Center.

          Dokumen yang dibuat pengguna dalam rentang tanggal detail Budget akan terhubung dengan Budget, asalkan Branch, COA, dan Cost Center yang dipilih memiliki nilai budget.

          Ketika pengguna membuat dokumen dalam periode tanggal budget dan terdapat data Branch, COA, dan Cost Center Produk yang sesuai dengan Detail budget maka Remaining Budget akan dihitung.

          Remaining Budget dihitung dengan rumus:

          Remaining Budget = Amount Outstanding Budget - Amount Total $Dokumen

          • Contoh: 

          • Amount Outstanding Budget = Rp. 5.000.000

          • Amount Total $Dokumen = Rp. 3.000.000

          • maka sisa budget yang dapat digunakan untuk transaksi $Dokumen Selanjutnya adalah Rp. 2.000.000

          Notes: dari contoh diatas apabila status dokumen $Dokumen nya New/Waiting For Approval, secara budgeting belum terpotong. 

          Untuk logic budgeting berikut berlaku pada beberapa transaksi($Dokumen) diantaranya:

          • Purchase Order, dimana jika Purchase Order berstatus Authorized, nilai amount outstanding budget akan terpotong secara sementara (Park Budget). Apabila status dokumen Purchase Order menjadi Finished, maka budget akan langsung terpotong.

          • Goods Receipt, jika status dokumen Goods Receipt Authorized, maka budget akan langsung terpotong. Hanya akan terpotong untuk produk yang mempunyai category Inventory

          • Purchase Invoice, jika status dokumen Purchase Invoice Authorized, maka budget akan langsung terpotong. Hanya akan terpotong untuk produk yang mempunyai category Non Inventory

          • Simple Purchase, jika status dokumen Simple Purchase Authorized, maka budget akan langsung terpotong.

          • Cash Payment, jika status dokumen Cash Payment Released, maka budget akan langsung terpotong.

          • Disbursement, jika status dokumen Disbursement Authorized, maka budget akan langsung terpotong.

          • Simple Transfer, jika status dokumen Simple Transfer Authorized, maka budget akan langsung terpotong. Hanya akan terpotong untuk produk yang mempunyai category Inventory

          • Memorial Journal, jika status dokumen Memorial Journal Authorized, maka budget akan langsung terpotong.

          • Employee Reimbursement, jika status dokumen Employee Reimbursement Authorized, maka budget akan langsung terpotong.

          • Goods Receipt Return, jika status dokumen Goods Receipt Return Authorized, maka budget akan dikembalikan berdasarkan tanggal document Goods Receipt Return dibentuk

          Purchase Return, jika status dokumen Purchase Return Authorized, maka budget akan dikembalikan berdasarkan tanggal document Goods Receipt Return dibentuk

            Dashboard Budgeting

            Dashboard Budgeting merupakan dashboard pada ESB yang berfungsi untuk memantau pergerakan budget yang ada pada budget detail number sesuai dengan masing-masing coa yang digunakan. Untuk mengakses Dashboard Budgeting  dapat dengan memilih Fitur Dashboard -> Budgeting 

            Pada Dashboard Budgeting akan menampilkan data sesuai dengan filter yang digunakan diantaranya:

            • Budget Plan Number, merupakan nomor perencanaan budget

            • Budget Plan Period, merupakan periode budget yang tersedia berdasarkan budget detail number yang dipilih

            • Account, merupakan akun yang dapat digunakan untuk menggunakan budget

            • Description, merupakan nama akun yang digunakan

            • Branch, merupakan nama outlet yang dapat menggunakan budget

            • Cost Center, merupakan nama cost center yang menangani budget pada outlet

            • Currency, merupakan mata uang yang dari budget

            • Initial Budget, merupakan nilai budget awal pada account

            • Park Budget, merupakan nilai budget yang akan dipakai dan belum terpotong

            • Adjustment Budget, merupakan nilai budget yang disesuaikan

            • Actual Budget, merupakan nilai budget yang telah digunakan

            • Remaining Budget, merupakan nilai budget yang tersisa

            • Additional Info, merupakan informasi tambahan yang ada pada akun yang ada pada outlet

            Berikut tampilan Budgeting Dashboard ketika:

            • Search

            • Download Report

              Budget Actuation Report

              Pada Budget Actuation Report ketika mode dipilih detail, terdapat penambahan pilihan pada kolom Transaction Type diantaranya:

              • Goods Receipt Return

              • Purchase Return

              • Employee Reimbursement

              Terdapat validasi ketika show atau download report dengan memilih Transaction Type:

              • Goods Receipt Return atau Purchase Return dimana

                • Kolom Transaction Amount akan bernilai Positif

                • Kolom Remaining Budget akan bertambah dari nilai Transaction Amount

              • Employee Reimbursement dimana

                • Kolom Transaction Amount akan bernilai Negatif

              Kolom Remaining Budget akan berkurang dari nilai Transaction Amount

                Transaction Log Report

                Pada Transaction Log Report untuk kolom Transaction Type terdapat penambahan pilihan yaitu Project Report dimana akan mencatat hal yang terjadi pada Project Report

                Pada Transaction Log Report dengan Transaction Type Project Report akan menampilkan data sesuai dengan filter yang digunakan diantaranya:

                • Number, merupakan nomor urut dari data yang tampil

                • Log Time, merupakan tanggal dan waktu terdapat kegiatan pada Project Report

                • Transaction Type, akan terisi dengan “Project Report”

                • Description, merupakan kegiatan yang terjadi pada Project Report

                • Before Value, akan terisi dengan “-”

                • After Value, merupakan kegiatan yang terjadi pada Project Report dimana terdapat informasi:

                  • reportDate, merupakan periode yang dipilih

                  • dateFrom, merupakan tanggal awal yang dipilih

                  • dateTo, merupakan tanggal akhir yang dipilih

                  • selectedBranchText, merupakan teks yang ada pada kolom branch

                  • branchID, merupakan nomor urut dan ID dari branch yang dipilih, dapat tampil lebih dari 1 

                  • transactionTypeProject, nomor urut dan nama tipe transaksi yang terdapat project, dapat tampil lebih dari 1

                  • transactionRefNum, merupakan nomor transaksi yang dimasukkan

                  • status, merupakan nomor urut dan ID status yang dipilih , dapat tampil lebih dari 1

                  • costCenterID, merupakan nomor urut dan ID cost center yang dipilih, dapat tampil lebih dari 1

                  • projectID, merupakan nomor urut dan ID project yang dipilih, dapat tampil lebih dari 1

                • Reference Number, akan terisi dengan “#”

                • Status, merupakan status terakhir dari transaksi

                Berikut tampilan Transaction Log Report dengan Transaction Type Project Report ketika:

                • Search

                • Download Report

                ⓒ Copyright 2023
                Alamat
                Ruko Paramount Center II Blok B/8, Jl. CBD Gading Serpong, Tangerang 15810 - Indonesia
                Kontak
                Hotline: +62 822 1066 6969 (08.30-18.00) GMT+7
                Ikuti Kami